silakan menikmati

Blog ini saya gunakan untuk menyimpan tulisan-tulisan saya sendiri dan juga tulisan-tulisan lain yang inspiratif.
Jangan sungkan untuk berkomentar.

Saturday, February 20, 2010

Berdoa sebelum shalat

Engkau sudah melaksanakan shalat
Tetapi jangan pernah engkau merasa telah melakukannya
Aku yakin engkau dalam keadaan sehat
Aku yakin engkau kuat untuk berdiri dan melipat kaki saat duduk diantara sujud
Aku yakin engkau dapat pula ruku' dengan posisi yang benar
Tentu engkau akan mengatakan, bahwa
Bukankah shalat telah menjadi kewajiban?
Bukankah itu telah biasa dilakukan sejak dahulu?
Bukankah sudah hafal di luar kepala semua gerakan dan bacaannya?
Ya, engkau benar
Namun cobalah engkau buka Al Qur'an milikmu
Pada surat Ibrahim ayat 40:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat,
Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku


Maka bukan engkau yang membuat engkau dapat melakukan shalat
Namun engkau harus memohon kepada-NYA, agar dapat melakukan shalat
Sekarang aku akan bertanya kepada engkau
Sudahkah engkau khusyu di dalam shalatmu?
Ah siapa sih yang bisa benar-benar khusyu' dalam shalat?
Maka engkau akan menjawab pertanyaanku, bahwa engkau khusyu'
Aku juga akan bertanya lagi
Sudah benarkah arah kiblatmu?
Dengan serta merta engkau akan mengatakan kepadaku,
Bahwa masjid ini sudah lama berdiri di sini
Dan saat pendiriannya tentu sudah ada yang bertanggung jawab
Sehingga engkau telah yakin akan arah masjid ini telah benar

Aku ingin memberitahukanmu, bahwa
Nabi Ibrahim yang telah menjadi kekasih ALLAH
Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi Rasulullah
Dan mewasiatkan Al Qur'an yang agung ini kepada kita
Tidak merasa telah bisa melakukan shalat atas dasar kemampuannya
Namun Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad
Dan tentu semua Nabi ALLAH yang pernah hidup di dunia ini
Telah memohon kepada ALLAH untuk dapat mendirikan shalat

Untuk itu akan aku ajarkan kepadamu sebuah doa sebelum engkau melakukan shalat
"Ya ALLAH, mohon ijin hamba mau shalat
Ya ALLAH, mohon bimbingan agar hamba dapat shalat dengan khusyu'
Ya ALLAH, hadapkan hamba kepada-MU
Ya ALLAH, Engkau Maha Melihat"

No comments: